Thursday 20 December 2012

Menjaga Hati



أَ
الْقَلْبُلاَ، وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، أَلاَ وَهِيَ 
"Ketahuilah, sesungguhnya di dalam tubuh ini ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baiklah seluruh anggota tubuh dan jika rusak, maka rusaklah seluruh anggota tubuh. Ketahuilah, ia adalah hati." (HR. al-Bukhari). 

 Menjaga hati memang bukanlah perkara yang mudah meski nampak mudah. Tapi yakinlah dengan kekuasaan Allaah Ta'ala. Tidak dapat dinafikkan lagi, jikalau hati adalah sesuatu yang menentukan akan akhlaq seseorang, dan akan tercermin oleh apa-apa yang nampak pada diri seseorang.
 Tak hanya jasad yang harus dihijabi, tapi juga hati ini agar tiada ternodai, menghijabinya dengan keyakinan yang haq dan menjauhi dari perkara bathil.
Itulah mengapa Allaah telah menasehati kita,


يَابَنِى ءَادَمَ قَدْ أَنزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْءَاتِكُمْ وَرِيشًا وَلِبَاسُ التَّقْوَى ذَلِكَ خَيْرٌ ذَلِكَ مِنْ ءَايَاتِ ِالله لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ
"Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat." (Al-A'raf: 26)

Manusia telah diciptakan dalam bentuk yang sebaik-baiknya, baik ataupun buruk di mata manusia itulah ujian baginya. Dan beruntunglah orang yang fisiknya tidak menjadi kendala kepada amal-amal yang mulia.

إِنَّ الله لاَ يَنْظُرُ إِلَى أَجْسَادِكُمْ وَلاَ إِلَى صُوَرِكُمْ وَلٰكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوْبِكُمْ، وَأَشَارَ بِأَصَابِعِهِ إِلَى صَدْرِهِ.
"Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada jasadmu, dan tidak pula kepada bentukmu, akan tetapi Dia melihat kepada hati kamu, kemu-dian menunjuk ke dadanya dengan telunjuknya." (HR. Muslim, no. 2564)

Di dalam sebuah hadits yang bersumber dari Miqdad bin al-Aswad, ia menceritakan, Rasulullah a bersabda :

لَقَلْبُ ابْنِ آدَمَ أَشَدُّ انْقِلَابًا مِنَ الْقِدْرِ إِذَا اجْتَمَعَتْ غَلْيًا.
"Sungguh, hati anak Adam (manusia) itu sangat (mudah) berbolak-balik daripada bejana apabila ia telah penuh dalam keadaan mendidih." (HR. Ahmad, no. 24317).

Kemudian al-Miqdad berkata, "Sesungguhnya orang yang beruntung (bahagia) itu adalah orang yang benar-benar terhindar dari berbagai fitnah (dosa)." Ia mengulangi ucapannya tiga kali, sambil memberikan isyarat bahwa sebab berbolak-balik dan beru-bahnya hati adalah dosa-dosa yang berdatangan menodai hati. 


Maka karena telah menjadi hak Allaah untuk memberi penawar dalam setiap penyakit, kita diajari untuk berdo'a agar hati kita ditetapkan dalam kebaikan,

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبِ، ثَبِّتْ قَلْبِيْ عَلَى دِيْنِكَ.
"Ya Allah, Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku pada agamaMu."Me

No comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 MEDIA MUSLIMAH All Rights Reserved.
Powered by Blogger.com.